Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

Cara Mendapatkan Nilai Tinggi Saat Interview

Dipasang: 11-11-2016
Sudah ikut wawancara kerja, namun tidak ada kabar berita selanjutnya dari Perusahaan ? Besar kemungkinan Anda gagal dalam wawancara. Dalam benak Anda pasti menduga-duga, salah jawab apa ya hingga tidak lulus wawancara.

Penampilan dan sikap / cara bertutur Anda saat wawancara tentu berpengaruh. Namun lebih berpengaruh lagi jawaban yang Anda berikan kepada Pewawancara Kerja. Kalau jawaban Anda kurang berbobot, tidak 'nyambung' dengan pertanyaannya, atau tidak jelas, dapat dipastikan Anda mendapat nilai jelek.

Bila demikian halnya, keep calm.... Tenang saja dan jangan khawatir. Untuk interview berikutnya, gunakan strategi berikut ini dalam menjawab. 

Pewawancara selalu ingin mengetahui pengalaman dan ketrampilan Anda. Jadi disinilah Anda harus menjelaskannya dengan baik agar kualifikasi Anda dinilai dengan tinggi oleh Pewawancara. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Mulailah dengan menjelaskan Situasi saat ini

Sebagai contoh bila Anda bkerja di bagian Penagihan piutang. Anda bisa jelaskan situasinya misalkan : penagihan piutang selama 6 bulan terakhir seret, jumlah tenaga penagih yang memadai, tenaga penagih tidak memiliki pengalaman, dan lain-lain. 

2. Jelaskan Tugas Anda dengan gamblang

Anda bisa melanjutkan dengan tugas Anda, misalnya bahwa Anda diminta atasan untuk membereskan urusan penagihan ini agar lebih lancar, semua piutang yang tertunggak bisa tertagih, dan umur piutang tidak lebih lama dari 14 hari.

3. Uraikan apa saja yang Anda telah dan akan Lakukan dalam menghadapi Situasi dan dalam rangka Tugas Anda

Setelah situasi dan tugas Anda jelaskan, uraikan langkah demi langkah yang Anda lakukan. Dalam contoh ini, misalnya :
- merekrut 2 tenaga penagih baru, 
- memberikan pelatihan selama 3 hari penuh, 
- melakukan pendampingan saat penagihan, 
- memperbaiki catatan monitoring penagihan, 
- membeli / membuat sistem program komputer untuk otomatisasi pemantauan dan pelaporan tagihan
- membuat laporan data penagihan yang dapat dilihat setiap saat di kompuyer maupun gadget
- meeting koordinasi setiap minggu sekali, termasuk dengan atasan Anda
- dan seterusnya

4. Jelaskan Hasil-Hasil yang telah Anda capai

Di bagian terakhir tentu saja Anda perlu menguraikan hasil yang telah dicapai. Sebutkan bahwa dalam sekian lama (misalnya 3 bulan), hasil yang dicapai adalah ini, ini dan ini (misalnya : piutang yang tertagih sejumlah 15 Milyar, umur piutang rata-rata 10 hari, dan seterusnya).

Perlu latihan untuk hal ini, dan juga perlu menuliskan data-data pencapaian Anda selama ini. Strategi di atas sering digunakan oleh kandidat pencari kerja yang sudah memahaminya, dan sering disebut sebagai STAR (Situation, Task, Action & Result). Nah, Anda sudah memahaminya, jangan lupa menggunakannya untuk meningkatkan peluang meraih pekerjaan idaman Anda (adw).

Lihat Semua Artikel