lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Terbaru untuk Pencari Kerja dan Perusahaan Login

BOLOS KERJA ? JANGAN LAKUKAN INI.

Dipasang: 16-09-2016
Akan tiba saatnya Anda merasa jenuh bekerja dan perlu refreshing. Ambil cuti ? Ya boleh saja kalau memang masih punya sisa hari cuti. Kalau sudah habis hak cuti Anda ? Memang seharusnya dilarang bolos kerja, tetapi selalu ada saja yang biasa menyiasatinya dengan berbagai macam cara. 

Ada yang beralasan sakit (cari surat sakit dari dokter yang bisa diajak kerjasama). 
Kalau wanita, biasanya dengan alasan sedang ada halangan bulanan. Bukan contoh yang baik sih, dan sebaiknya jangan ditiru. Namun bila terpaksa, Anda bisa berhati-hati dan menyiasatinya dengan baik. 

Salah seorang rekan pernah tertangkap basah membolos kerja, dan dihadiahi surat peringatan dari atasan. Gara-garanya ? Hanya karena wajahnya muncul di foto timeline 

Facebook, sedangkan pagi harinya dia minta ijin tidak masuk kantor karena sakit. Dalam foto itu terlihat dia berfoto bersama dua orang rekan lain yang sedang cuti, di salah satu bandara negara jiran. 

Jadi bagaimana kiat aman pada saat terpaksa bolos ? Berikut ini mungkin dapat digunakan sebagai ide awal :

1. Jangan mendekati kamera atau handphone
Foto adalah bukti telak yang tidak dapat dipungkiri lagi mengenai keberadaan Anda. Bila foto itu tersebar luas, entah sengaja atau tidak, oleh Anda sendiri atau rekan Anda yang mengambil foto tersebut, kiamat lah sudah. 

2. Jauhi Media Sosial
Apa jadinya bila foto dan status Anda muncul di timeline Facebook, ketika sedang shopping, sedangkan hari itu Anda bolos kerja dengan alasan sakit. Sekurang-kurangnya Anda ditertawakan esok harinya sesampai di kantor. Tinggal tunggu panggilan atasan Anda saja. Jadi bila boloskerja, jauhi dulu Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan semua media sosial kegemaran Anda.

3. Jangan berkeliaran di sekitar kantor. Jangan pula berkeliaran di mall yang ramai. Tentu Anda tahu alasannya. Rekan kantor yang pekerjaannya administratif biasanya berkeliaran tidak jauh-jauh dari kantor. Rekan-rekan yang profesinya Sales atau Marketing, bisa berkeliaran di tempat-tempat ramai seperti mall / plaza, untuk mencari nasabah atau mengadakan pameran / stand counter. Peluang Anda untuk bertemu mereka sangat besar. 

4. Buatlah alasan dan cerita yang masuk akal mengenai ketidakhadiran Anda. Jangan berubah-ubah ceritanya. Sekali saja berubah, ketahuanlah akal bulus Anda. Jangan pula pernah mempercayai seorang teman pun dengan bercerita perihal Anda bolos kerja. Anda tahu, mulut orang sangat sulit berhenti bergunjing.

5. Batasi kegiatan bolos Anda. Bolos kerja mungkin boleh satu dua kali saja. Terlampau sering bolos, semakin besar kemungkinan Anda ketahuan. Selain itu konduite Anda akan jelek karena sering tidak hadir. (adw)

Lihat Semua Artikel / Berita